Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Alergi Kulit

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Alergi Kulit ~ Alergi adalah salah satu bentuk reaksi alami dari tubuh terhadap zat yang dianggap tak cocok serta mengganggu kondisi maupun keadaan tubuh. Jika anda mengalami Alergi kulit maka hal tersebut adalah suatu indikasi jika kulit anda tengah mengalami iritasi.

Biasanya akan ditandai dengan adanya rasa gatal-gatal, memerah, serta timbul bintik-bintik.

Gatal gatal di tangan

Bahkan pada beberapa orang yang telah dalam kondisi kulit alergi yang parah akan muncul kantung kantung cairan yang berisi nanah pada kulitnya, dalam dunia kedokteran lebih dikenal dengan istilah vesikel. Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja penyebab dan cara mengobati permasalahan kulit tersebut. berikut sedikit informasi yang akan bermanfaat bagi anda.

Beberapa Penyebab Alergi Kulit

Untuk mengatasi Alergi Kulit, hal penting yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa sebenarnya penyebab alergi tersebut. Misalnya jika anda mengalami alergi terhadap zat formaldehida, maka saat memilih obat hindari obat yang berkomposisi formaldehida. Begitu semuanya. Sebenarnya ada 3 hal yang sangat berpengaruh terhadap kondisi seseorang yang mengalami kulit alergi, yakni obat-obatan, bahan makanan, dan kosmetik khususnya wewangian.

Alergi Kulit

Salah satu penyebab lainnya adalah Keturunan Secara Genetis. Suatu penyakit atau kelainan merupakan hal yang paling dapat diturunkan oleh orangtua ke anaknya. Dalam kasus alergi seperti itu, anak bukan mempunyai gangguan alergi sejak lahir, tetapi ia sangat rentan untuk alergi pada suatu hal tertentu yang mirip dengan orangtua.

Penyebab lain dari Alergi Kulit adalah karena adanya perubahan Metal Perhiasan. Menurut suatu penelitian, adanya perubahan metal logam perhiasan bisa memicu terjadinya suatu alergi. Anda bisa mengidentifikasi sendiri apakah perubahan metal perhiasan yang anda gunakan merupakan penyebab munculnya alergi yang ditandai dengan munculnya ruam pada bagian kulit anda yang biasanya tertutupi oleh perhiasan tersebut.

Zat yang bisa menyebabkan alergi tersebut disebut nikel. Selain umumnya dicampurkan pada perhiasan, zat tersebut juga sering dijumpai komposisi gasper atau penjepit serta kancing pakaian. Penyebab lain Alergi Kulit di antaranya adalah Parfum. Parfum tertentu yang di dalamnya mengandung zat balsam peru atau Myroxylon pereirae bisa memicu munculnya alergi.

Bahan tersebut ada pada getah potoh. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan kepada 1500 pasien, allergen dari getah pohon merupakan allergen yang paling berpengaruh dengan menduduki posisi nomor 3. Alergi tersebut umumnya ditandai dengan adanya ruam yang memerah. Dengan munculnya hal tersebut bisa menjadi suatu indikasi bahwa kulit anda mengalami infeksi. Maka dari itu alangkah baiknya jika penggunaan parfum tersebut anda hentikan sebelum alergi semakin bertambah parah.

Penyebab lain dari Alergi Kulit adalah Bahan Antiseptic. Kandungan antiseptic juga mampu memicu terjadinya alergi di kulit. Zat tersebut lebih dikenal dengan nama thimerosal yakni salah satu senyawa merkuri yang sering digunakan untuk pengawet baik pada antiseptic serta vaksin. Kandungan bahan pada Antibiotic juga bisa menyebabkan alergi pada kulit. Antibiotic topical umumnya digunakan untuk membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan.

Jenis yang umum dipakai berupa salep serta krim. Namun terkadang adanya zat Neomycin sulfate yang digunakan justru menimbulkan masalah baru. Pada beberapa orang mengalami iritasi saat kulitnya bersinggungan langsung dengan zat tersebut. Jika anda memiliki jenis kulit sensitive, maka sebaiknya tidak menggunakanya.

Penyebab Alergi Kulit yang lainnya adalah Wangi Makanan. Meski bagi sebagian orang aroma makanan merupakan sesuatu yang biasa saja namun aroma pada makanan bisa meningkatkan resiko terjadinya alergi bagi mereka yang berkulit sesnstif. Selain di dalam makanan, bisa juga menemukannya pada kosmetik, sabun, antiseptic, serta beberapa produk yang berkaitan langsung dengan masalah mulut dan gigi. Pengawet Cat dan Kertas juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi pada kulit. Selain pengawet makanan, zat yang digunakan dalam pengawet kertas serta cat juga berpotensi untuk meningkatkan resiko alergi.

Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan formaldehida yakni salah satu zat kimia yang bersifatnya keras. Penyebab Alergi Kulit yang lainnya adalah Logam pada Pewarna Rambut. Banyak kaum hawa yang senang berganti cat rambut yang sebenarnya sangat rentan pada alergi kulit.

Pasalnya kandungan logam pada pigmen mengandung Cobalt chloride. Zat tersebut yang menyebabkan kulit mudah teriritasi. Antibiotik untuk Penyembuh Luka juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi di kulit. Jenis antibiotic topical yang pakai sebagai obat luka seperti terbakar serta terkena sayatan juga memiliki resiko alergi. Kandungan zat bacitracin yang bisa meningkatkan resiko alergi.

Mengatasi Alergi Kulit

Untuk mengatasi Alergi Kulit bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti almond, rempah-rempah, alpukat, bayam, kopi, kacang tanah dan soba. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi Makanan Mengandung Beta Karoten, misalnya saja seperti wortel, papaya, mangga, serta bayam. Sementara hingga saat ini belum ada obat pasti untuk menyembuhkan alergi.

Cara Ampuh Mengobati Alergi Kulit dengan Cepat

obat gatal de nature

Dengan menggunakan obat de nature obat gatal kulit alami yang sudah terbukti keampuhannya dan sudah di terkenal di bidang online sudah terpercaya bahwa obat gatal kami sudah teruji oleh BPOM dan sangat ampuh untuk menyembuhkan gatal kulit cuma hanya 3-5 hari sja.