Kutil Kelamin : Penyakit Gejala serta Tanda-Tandanya

Kutil Kelamin : Penyakit Gejala serta Tanda-Tandanya – Kutil kelamin adalah pertumbuhan berdaging yang bisa berkembang di alat kelamin Anda dan sekitar anus Anda. Mereka adalah infeksi virus menular seksual yang paling umum terjadi di Indoneisa, terutama pada pria dan wanita berusia 16 sampai 24 tahun.

Kutil Kelamin : Penyakit Gejala serta Tanda-Tandanya

Tentang kutil kelamin

Sekitar 130.000 orang di Inggris dirawat karena kutil kelamin setiap tahunnya. Angka-angka semakin rendah setiap tahun, yang diperkirakan disebabkan oleh pengenalan vaksin (lihat Pencegahan kutil kelamin di bawah).

Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Jika HPV menginfeksi kulit di sekitar alat kelamin dan anus Anda, itu bisa menyebabkan sel berkembang lebih cepat dari biasanya, yang menyebabkan kutil.

Kutil kelamin pada kulit kering dan berbulu seringkali sulit, sedangkan jika Anda memakainya pada kulit lembab yang tidak memiliki rambut di atasnya, mereka cenderung lembut. Anda mungkin hanya mendapatkan satu kutil, atau Anda bisa mendapatkan banyak berkelompok. Mereka dapat bervariasi dalam ukuran dari beberapa milimeter sampai beberapa sentimeter.

Meski bisa mengobati kutil kelamin, tidak ada pengobatan yang benar-benar dapat menghapus virus yang menyebabkannya (HPV) dari tubuh Anda.

Gejala kutil kelamin

Banyak orang tidak mendapat gejala terinfeksi HPV dan tidak memiliki genital warts. Virus HPV bisa bertahan di tubuh Anda dan tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun. Jadi jika Anda berada dalam hubungan berkomitmen sekarang, mengembangkan kutil tidak harus merupakan tanda perselingkuhan. Tapi Anda bisa menularkan virus bahkan jika Anda tidak memiliki genital genital yang terlihat.

Jika Anda mendapatkan genital warts, mereka bisa mulai tumbuh tiga minggu sampai delapan bulan setelah Anda terinfeksi, tapi bisa selama 18 bulan kemudian.

Pada wanita, Anda mungkin terkena kutil kelamin:

  • Pada vulva Anda (bibir di bagian luar vagina Anda)
  • di dalam atau di luar vagina Anda
  • di leher rahimmu (leher rahimmu)
  • Di dalam uretra Anda (tabung yang membawa air kencing dari kandung kemih dan keluar melalui vulva)
  • di dalam atau di luar anus Anda

Pada pria, Anda mungkin terkena kutil kelamin:

  • pada penis Anda (pada atau di bawah kulup atau di poros)
  • pada skrotummu
  • di dalam uretra Anda
  • di dalam atau di luar anus Anda

Ada kemungkinan juga untuk mendapatkan kutil (disebabkan oleh virus yang sama) di bibir dan di mulut, hidung atau tenggorokan Anda. Tapi ini tidak sering terjadi.

Meskipun genital warts biasanya tidak menyakitkan, mereka bisa menjadi meradang atau gatal, dan mungkin berdarah. Anda mungkin melihat darah dalam urin Anda jika Anda memiliki kutil kelamin di uretra Anda yang mulai berdarah. Anda mungkin melihat beberapa darah di atas kertas toilet atau di toilet jika Anda memiliki kutil dubur yang berdarah.

Diagnosis kutil kelamin

Jika Anda mengira Anda memiliki genital warts, pergi ke klinik kesehatan seksual atau hubungi dokter umum Anda untuk mendapatkan saran.

Anda bisa membuat janji sendiri untuk pergi ke klinik kesehatan seksual – Anda tidak perlu menemui dokter umum Anda. Semua kunjungan bersifat rahasia dan data Anda tidak akan dikirim ke GP Anda tanpa persetujuan Anda.

Di klinik kesehatan seksual, dokter atau perawat akan memeriksa Anda dan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Kutil kelamin biasanya didiagnosis oleh dokter atau perawat yang memeriksanya. Mereka mungkin juga memeriksa Anda secara internal dengan melihat ke dalam vagina atau anus Anda untuk melihat apakah ada genital warts di sana. Terkadang mereka mengambil sampel jaringan (biopsi) kecil dari genital wart untuk memastikan diagnosisnya, tapi ini tidak umum.

Jika Anda memiliki genital warts, mungkin saja Anda memiliki infeksi menular seksual (IMS) lain juga. Sebaiknya Anda memiliki tes untuk IMS lainnya pada saat bersamaan, jika Anda menawari mereka.

Penyebab kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV. Sekitar 40 di antaranya dapat menyebabkan genital warts, namun kebanyakan kutil disebabkan oleh tipe 6 atau tipe 11.

Anda bisa mendapatkan kutil kelamin melalui kontak kulit-ke-kulit dengan seseorang yang memiliki genital warts. Mereka juga bisa menyebar melalui sekresi kelamin, jadi Anda bisa mendapatkannya jika Anda memiliki seks vaginal, anal dan oral, atau berbagi mainan seks. Risiko Anda terkena kutil kelamin meningkat seiring dengan jumlah orang yang berhubungan seks dengan Anda.

Anda bisa menularkan infeksi bahkan jika Anda tidak memiliki genital warts yang terlihat, dan memiliki kontak kulit yang erat tanpa berhubungan seks.

Jika Anda hamil dan memiliki genital warts, Anda bisa meneruskannya ke bayi Anda saat Anda melahirkan, tapi ini jarang terjadi.

Pencegahan kutil kelamin

Menggunakan kondom setiap kali Anda memiliki jenis kelamin akan mengurangi risiko terinfeksi HPV. Tapi kondom tidak bisa sepenuhnya mencegah Anda terkena infeksi karena area kulit di mana ada genital warts tidak selalu tertutup oleh mereka.
Sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan baru, Anda berdua bisa mempertimbangkan untuk dicurigai terinfeksi menular seksual, termasuk kutil kelamin.

Vaksin

Ada dua vaksin yang tersedia di Inggris yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis HPV. Satu vaksin, yang disebut Gardasil®, melindungi HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Vaksin lain yang disebut Cervarix® hanya melindungi HPV tipe 16 dan 18 saja.

Cervarix® dulu ditawarkan sebagai bagian dari program imunisasi nasional, namun dari tahun 2012 ini beralih ke Gardasil®. Gardasil® ditawarkan kepada semua anak perempuan berusia 12 sampai 13 tahun untuk melindungi mereka terhadap jenis HPV 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks. Ini juga melindungi terhadap tipe 6, 11 yang menyebabkan genital warts. Untuk informasi lebih lanjut, lihat FAQ: Vaksin HPV di bawah ini.

Dapatkah HPV mempengaruhi kesuburan saya?

Tidak, tipe HPV yang menyebabkan genital warts tidak mempengaruhi kesuburan pada pria atau wanita. Namun pada wanita, beberapa jenis HPV telah dikaitkan dengan kanker serviks. Kanker serviks dan beberapa perawatan untuk itu, bisa mempengaruhi kesuburan Anda. Lihat topik kami tentang kanker serviks.

Akankah genital warts mempengaruhi tes smear saya?

Jika hasil noda Anda tidak normal atau menunjukkan jenis HPV tertentu, Anda akan dipanggil kembali untuk tes lain.

Biasanya, genital warts disebabkan oleh HPV tipe 6 atau 11. Tipe HPV ini tidak menyebabkan kanker serviks. Namun, genital warts kadang-kadang disebabkan oleh HPV tipe 16 atau 18. Tipe HPV ini dapat menyebabkan kanker serviks. Ini berarti Anda mungkin lebih berisiko terkena kanker serviks jika Anda memiliki genital warts, tergantung pada jenis HPV yang menyebabkan kutil Anda. Karena vaksin HPV tidak mencegah semua jenis HPV, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan skrining serviks.

Dapatkah saya meneruskan HPV setelah saya diobati?

Ya, Anda masih bisa meneruskan HPV setelah Anda merawat genital warts. Tapi Anda lebih cenderung melakukannya jika Anda masih memiliki kutil yang tidak diobati. Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dapat membantu mengurangi risiko penyebaran infeksi.

Anda masih membawa HPV bahkan setelah Anda merawat kutil kelamin – dan virus masih dapat ditumpahkan dari kulit Anda atau sekresi alat kelamin.

Sistem kekebalan tubuh Anda biasanya akan membersihkan tanda-tanda infeksi yang terlihat (genital warts). Diperkirakan sekitar tiga dari 10 orang dengan genital warts menjadi lebih baik tanpa perawatan dalam waktu tiga sampai enam bulan, tapi bisa memakan waktu lebih lama. Anda lebih berisiko menularkan infeksi ke orang lain jika Anda memiliki genital warts. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya, karena Anda memiliki HIV / AIDS atau sedang menjalani perawatan untuk kanker, diperlukan waktu lebih lama. Ini berarti Anda memiliki risiko lebih besar untuk menyebarkan infeksi.

Apa yang terjadi jika mereka kembali setelah perawatan?

Kutil kelamin bisa kembali setelah perawatan. Jika mereka melakukannya, Anda bisa melakukan perawatan lagi.

Kutil kelamin baru setelah perawatan mungkin disebabkan oleh infeksi asli atau oleh infeksi baru dari pasangan. Anda bisa melakukan perawatan yang sama lagi, atau Anda bisa mencoba yang lain atau kombinasi perawatan. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang terbaik untuk Anda.

Jika Anda memiliki perawatan untuk menghapus kutil kelamin, itu tidak berarti Anda bebas dari HPV. Tidak ada obatnya, Anda akan selalu terkena virus ini, namun pengobatan bisa menghilangkan kutil sehingga Anda tidak memiliki gejala HPV yang terlihat.

Siapakah vaksin HPV yang ditawarkan?

Saat ini, di Inggris vaksin HPV terhadap tipe 6, 11, 16 dan 18 ditawarkan kepada anak perempuan berusia 12 sampai 13. Ada juga kampanye ‘catch-up’ untuk anak perempuan 14 sampai 18 tahun.

Karena HPV begitu umum, kebanyakan wanita yang aktif secara seksual sudah terinfeksi. Itu sebabnya vaksin ini terbatas pada anak perempuan saat ini – di Inggris, wanita yang berusia lebih dari 18 tahun tidak divaksinasi secara rutin. Jika Anda sudah terinfeksi dengan tipe HPV yang dapat dilindungi vaksin ini, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan sepenuhnya dari vaksin – ini tidak berguna.

Vaksin ini tidak ditawarkan kepada anak laki-laki atau laki-laki karena tujuan utama vaksinasi ini adalah untuk mencegah kanker serviks. Jika anak perempuan divaksinasi sebelum mereka mulai berhubungan seks, tidak perlu memvaksinasi pria agar bisa membantu. Tapi penelitian berlanjut, jadi kita akan belajar lebih banyak tentang dampak vaksin tepat pada waktunya, dan jika itu akan ditawarkan kepada orang lain.

Sumber : http://denature11.bnsocialclub.com